Perkembangan dan Kemajuan Teknologi


Perkembangan dan kemajuan Teknologi di Indonesia sangat pesat pasca kemerdekaan dari penjajahan belanda. Perkembangan pesat tersebut dikarenakan kebabasan masyarakat Indonesia dalam mempelajari atau mengkases teknologi-teknologi terkini. Saat ini kita berada pada revolusi industri 4.0 dimana industri 4.0 dapat menghasilkan “Pabrik Cerdas”. Oleh Karena itu, Masyarakat Indonesia harus mengikuti arus perkembangan dan kemajuan teknologi terkini untuk menyaingi atau tidak tertinggal dari negara-negara yang kaya akan teknologi. Perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitias-aktivitas mereka. Teknologi yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat adalah teknologi berupa Jaringan. Jaringan membantu masyarakat dalam melakukan komunikasi tanpa harus menatap muka satu sama lain. Salah satu contoh jaringan ialah Handphone dan Internet yang saat ini hampir seluruh masyarakat di Indonesia dapat mengakses Internet melalui handphone sendiri. Teknologi yang lainnya ialah tapping card. Dengan menggunakan tapping card, masyarakat dapat melakukan akses-akses yang berkaitan dengan data pribadi sehingga tidak perlu menulis ulang data yang mereka miliki, cukup dengan menempelkan kartu identitas. Salah satu contoh penerapan tersebut ialah presensi, E-toll, Debit card, dan lain-lain.

Demi mengikuti perkembangan teknologi saaat ini, tentunya dibutuhkan tips-tips agar dapat menyaingi perkembangan dan kemajuan teknologi yang berada di negara-negara maju. Tips dalam mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi ialah:
  1. Memilih produk teknologi berdasarkaan fungsi utama terlebih dahulu.
  2. Ketahui penggunaan yang benar agar tidak membahayakan diri maupun orang lain.
  3. Tidak selalu sering bergantun dengan teknologi yang ada.
  4. mengetahui teknologi-teknologi terkini.
Dengan mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi, bukan berarti akan selalu berdampak positif bagi kita. Dampak negatif yang dapat timbul pada perkembangan tersebut ialah kurangnya masyarakat dalam berinteraksi secara langsung. Masyarakat akan cenderung ingin berkomunikasi menggunakan teknologi. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia harus mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi dengan tips yang benar tampa menghilangkan interaksi terhadap masyarakat secara langsung.   

Comments

Popular posts from this blog

Fakultas dan Jurusan yang ada di Telkom University

Blog yang lainnya...

Asrama Telkom University